PRINSIP DESAIN YANG HARUS KALIAN TAHU
1.
KESEIMBANGAN (balance)
Keseimbangan berarti keseluruhan komponen-komponen desain
harus tampil seimbang. Tidak berat sebelah. Desainer harus memadukan
keseimbangan antara tulisan, warna, atau pun gambar sehingga tidak muncul kesan
berat sebelah.Ada dua pangkal pokok yang dipakai dalam menerapkan keseimbangan,
yaitu keseimbangan simetris dan asimetris. Di mana simetris berdasarkan
pengukuran dari pusat yang menyebar ke arah sisi dan kanan. Sedangkan
asimetris berarti pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di
setiap halaman.
2.
KESATUAN (unity)
Kesatuan dalam prinsip desain grafis adalah kohesi,
konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari
komposisi. Dengan prinsip kesatuan dapat membantu semua elemen menjadi
sebuah kepaduan dan menghasilkan tema yang kuat, serta mengakibatkan sebuah
hubungan yang saling mengikat.Karena penting adanya menyuguhkan klien sebuah
desain yang mengandung arti yang kuat sesuai dengan tema yang diminta.
3.
RITME (rhythm)
Ritme yaitu pembuatan desain dengan prinsip yang menyatukan
irama. Bisa juga berarti pengulangan atau variasi dari komponen-komponen desain
grafis. Irama dihasilkan oleh unsur-unsur yang berbeda dengan pola yang
berirama dan unsur serupa serta konsistensi. Jenis irama meliputi regular,
mengalir(flowing),dan prosesif atau gradual.
4.
PENEKANAN(emphasis)
Tujuan dari penekanan ini adalah untuk mewujudkan hal itu
sehingga dapat mengarahkan pandangan khalayak sehingga apa yang mau disampaikan
tersalur. Tapi yang perlu diingat adalah tidak semua elemen harus
ditonjolkan karena bila itu terjadi, desain akan berakhir terlalu ramai dan
pensan tidak dapat disampaikan.
5.
PROPORSI
Proporsi
merupakan hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau bagian
dengan elemen keseluruhan. Dapat diartikan pula sebagai perubuhan
ukuran/size tanpa perubahan ukuran panjang, lebar, atau tinggi, sehingga gambar
dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.
0 Komentar